BLOG PENDUKUNG

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Powered by Blogger

Powered by Blogger

17 September 2009

Bagan dan Pengertian Notebook

Sebelum menggunakan notebook, sangat penting mengetahui beberapa detail komponen yang terdapat pada notebook secara lengkap, baik komponen hardware maupun software.


A. Hardware


Hardware (perangkat keras) sebuah computer dapat dikelompokkan ke dalam empat komponen utama, yaitu input devices, central processing unit (CPU), backing storage (storage devices) dan output devices. Input devices dan output devices dikelompokkan dalam satu bagian yang disebut peripheral, terletak disisi luar casing computer. CPU dan backing storage dikelompokkan sebagai computer yang terletak didalam casing utama computer. Berikut ini merupakan beberapa detail komponen yang juga merupakan bagian-bagian dari komponen utama hardware notebook.

























Karena notebook juga termasuk PC s
ehingga banyak bagiannya yang memiliki kesamaan dengan PC. Perbedaan ukuran menjadikannya berbeda dengan PC. Sebagai tujuan efisiensi untuk catu daya, notebook menggunakan komponen yang lebih hemat listrik.


1. Motherboard


Seperti halnya dalam computer PC, motherboard dalam notebook memilki fungsi utama sebagai penempatan alat-alat atau komponen untuk menunjang computer agar dapat menjalankan fungsinya. Perbedaannya dengan PC selain bentuknya lebih kecil, semua komponen lainnya serba integrated. Pada (kecuali slot memori, prosesor dan VGA outboard). Tetapi digantikan oleh PCMCIA berupa keeping kotak tipis sukuran kartu. notebook tidak ada slot-slot seperti pada PC


Kon
ektor IDE floppy pun tidak ada dan biasanya hardrive langsung dihubungkan dengan konektor yang tertempel dimotherboard. Motherboard notebook tidak memilki slot VGA karena VGA telah terintegrasi pada rangkaian


mainboard. VGA notebook dapat dibedakan ke dalam dua golongan, yaitu share dan nonshare. VGA share adalah VGA yang tidak memiliki memori sendiri sehingga mengambil sebagaian memori dari RAM sedangkan VGA nonshare adalah VGA yang memilki memori sendiri. Konektor-konektor seperti parallel, serial, port USB, audio out, speaker sudah tersedia dan umumnya generasi Pentium 4 ke atas sudah tidak lagi memakainya, kecuali USB, VGA out, dan audio. Cirri yang dimiliki motherboard notebook, yaitu tidak memilki jumper-jumpter seperti pada motherboard PC.

2. Chipset Motherboard


Chipset berfungsi untuk mengatur dan membagi aliran listrik se rta membagi fungsi-fungsi di dalam motherboard. Chipset dapat dikenali dengan membaca label yang tercantum pada permukaannya. Beberapa jenis chipset memberikan fasilitas VGA on board dan soundcard on board meskipun kinerjanya tidak sebaik VGA dan soundcard add-on.



Jenis chipset yang digunakan pada motherboard akan menetukan beberapa hal berikut:


• Tipe processor yang dapat digunakan


• Jenis memori yang bias mendukung system notebook dan kapasitas maksimumnya


• Tipe display yang biasa digunakan


• Lebar data pada motherboard yang bias didukung




3. Slot Processor


Slot processor di motherboard notebook sangat berbeda dengan slot processor di motherboard PC. Str processor notebook menggunakan processor mobile tetapi beberapa notebook ada yang menggunakan str processor. Letak perbedaannya adalah jika mengunakan processor PC, power yang digunakan akan semakin besar. Sedangkan jika menggunakan processor mobile akan lebih menghemay baterai karena power disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian.


4. Slot Memori/RAM/SODIM


Slot memori di notebook sangat berbeda dengan slot memori PC, ukurannya pun berbeda. Ukuran memori notebook hanya setengah dari memori PC, otomatis tempat pemasangannya pun berbeda. Fungsi dari slot memori adalah untuk meletakkan RAM. RAM (Random Access Memory) merupakan memori eksternal sebagai tempat penyimpanan data sementara akan diproses oleh prosesor.

Bermacam-macam jenis memori RAM tergantung dari system cara kerja dan desainnya. Notebook menggunakan jenis memori DDR-SDRAM, DDR2-SDRAM, dan DDR3-SDRAM. Jenis RAM nnorebook menggunakan module SODIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module). Bila ingin membeli RAM untuk notebook, pilih tipe SODIMM dari jenis DDR-SDRAM, DDR2 atau DDR3, tergantung spesifikasi notebook yang digunakan.


5. LCD


Semua norebook menggunakan LCD (Liquid Crystal Display) sebagai layar untuk menampilkan seluruh proses yang kita kerjakan. LCD memiliki sifat yang sangat sensitive terutam terhadap suhu. Suhu yang tinggi menyebabkan LCD berubah warna bahkan blank, sedangkan suhu dungin menyebabkan LCD mengkerut. LCD pada notebook tidak menggunakan kabel konektor sebagai penghubungnya dengan mainboard tetapi menggunakan sebuah rangkaian yang disebut inverter dan kabel fleksibel (kabel data yang menghubungkan LCD dengan mainboard).


6. Inverter


Suatu rangkaian kecil yang berfungsi sebagai konektor atau alat untuk menghubungkan LCD dengan mainboard notebook. Apabila notebook tidak memiliki inverter atau rusak, tidak aka nada arus yang masuk ke LCD sehingga tidak aka nada tampilan yang muncul pada LCD walaupun notebook dalam keadaan menyala.

7. Keyboard dan Mouse


Berbeda dengan PC, keyboard dan mouse pada notebook tergabung menjadi satu di dalam rangkaian umumnya diatas mainboaerd. Ukurannya hanya seperempat dari keyboard PC dan sebagai koneksi menggunakan kabel fleksibel. Keyboard ini sangat sensitive terdadap konslet. Apabila ada kinslet karena siraman air, kabel flesibel akan rusak atau dapat menimbulkan kekacauan dalam proses kerjanya (seperti beberapa tombol tidak berfungsi atau bahkan bekerja sendiri tanpa ditekan). Jangan khawatir, apabila keyboard san mouse rusak kita masih bias menggunakan keyboard dan mouse eksternal dengan memanfaatkan port USB/PS2.


8. Harddisk


Harddisk adalah media penyimpanan dalam skala besar yang menggunakan piringan logam. Harddisk notebook seri lama menggunakan jenis IDE sedangkan notebook jenis baru menggunakan SATA (transfer data lebih cepat). Secara umum, bentuk harddsik notebook sama dengan PC, harddisk notebook mempunyai ukuran yang sangat kecil, yaitu seperempat dari ukuran harddsik PC. Pada era Pentium 1 dan Pentium 2, umumnya notebook masik menggunakan ukuran harddisk berukuran 5,5 inch. Harddisk notebook juga memilki bentuk seperti harddisk PC, tetapi tidak memilki power, karena tenaga yang diperlukan untuk memutar silinder diambil langsung dari konektornya. Kecepatan transfer maupun baca harddiskpun beragam.


9. Optical Drive


Optical drive pada notebook memilki ukuran lebih kecil, yaitu hanya setengah dari ukuran optical drive PC. Kemampuan baca optical drive pada PC bias sampai 52X rate sedangkan pada notebook hanya 16X rate karena tenaga yang dibutuhkan untuk memutar silinder sangat terbatas. Ada beberapa notebook yang menggunakan CD eksternal dan memilkibentuk yang lebih kecil dantipis sehingga tidak mengkin untuk menambahkan optical drive didalamnya.


Berikut ini ada beberapa jenis optical dirve CD/DVD.


• Drive CDROM, diguankan untuk membaca Compact Disk (CD)

• Drive DVDROM, digunakan untuk membaca CD dan DVD


• Drive burner CD RW, digunakan untuk membaca dan
membakar CD


• Drive combo DVD ROM/burner CD RW, digunakan untuk membaca CD, DVD dan
membakar CD


• Drive DVD RW/DVD+RW, digunakan untuk membaca dan membakar CD dan DVD

10. Slot PCMCIA


Slot ini merupakan slot yang istimewa karena hanya digunakan pada notebook saja. Alat yang dipakai adalah berupa PC card yang seukuran dengan kartu ATM. Berbagai macam jenis PC card dapat dipakai apabila dalam notebook tersebut belum ada fasilitas yang diinginkan. Seperti PC card modem, yang dapat digunakan apabila didalam notebook belum ada fasilitas modem internal. PC card LA N untuk koneksi antarkopmputer dalam satu lingkup kerja atau untuk koneksi internet dan yang paling sering dipakai adalah PC card untuk kartu celuller. PC card lain yang sering digunakan adalah TV turner karena notebook tidak bias menggunakan TV turner eksternal seperti halnya PC.


11. Infrared (Sinar Inframerah)


Infrared adalah alat atau media untuk melakukan transfer data dengan piranti lain. Teknologi ini berupa koneksi nirkabel yang sering disertakan dalam berbagai notebook.
Kegunaan utamanya adalah untuk transfer data antar notebook, komunikasi dengan ponsel lain dan untuk koneksi internet dengan menggunakan handphone yang memilki fitur infrared.

12. WIFI


WIFI adalah teknologi yang sudah disertakan di beberapa notebook Pentium 3 dan pada notebook Pentium 4 serta generasi diatasnya sudah pasti disertakan. Kelebihan fasilitas ini adalah tidak memerlukan kabel lagi untuk men-dial up ke ISP tetapi menggunakan pancaran gelombang pada areal tertentu yang terdapat hotspot. Berbeda dengan modem yang memerlukan kabel agar dapat terkoneksi ke internet.

13. Port USB

USB (universal Serial Bus) adalah Merupakan jalur kabel str yan g dapat mengenal sampai 127 plug n play serial devices pada satu port dalam PC. Jumlah port USB pada notebook lebih sedikit dibandingkan dengan PC karena port USB memerlukan cukup banyak daya listrik.


14. Port LAN


Merupakan port komunikasi yang terdapat pada notebook yang berfungsi untuk koneksi dengan intenet ataupun untuk hubungan dengan sesame computer atau notebook dilingkup kantor, sehingga proses sharing data dapat dilakukan dengan cepat.

15. Slot Card Tambahan


Pada umumnya fasilitas slot card pada notebook hanya menerima jenis kartu memori tertentu, seperti SD dan MMC card sedangkan tipe card yang lain belum didukung oleh fasilitas tersebut.


16. Firewire


Fasilitas ini disediakan untuk pengguna handycam atau kamera digital agar dapat langsung men-transfer atau berkomunikasi dengan notebook. Tentunya dengan menggunakan software bawaan handycam atau kamera digital ke notebook, kita dapat langsung menyunting gambar dari notebook tanpa harus menggunakan media perantara, seperti card reader atau interface yang lain. Dapat juga digunakan untuk mengkoneksikan ke berbagai alat yang menggunakan port firewire, seperti ekternal harddisk dan alat multimedia lainnya.


17. Bluetooth


Fasilitas untuk transfer data yang biasanya disediakan pada notebook Pentium 4 dan generasi diatasnya. Pada prinsipnya, media transfer data in i mirip dengan infra merah, tetapi penggunaan Bluetooth lebih praktis karena tidak perlu mendekatkan sebuah piranti seperti pada infra merah, cukup dengan mengaktifkan software Bluetooth pada piranti tersebut dan proses transfer data dapat dilakukan.


18. Adaptor

Adaptor notebook berfungsi untuk memberikan aliran listrik ke notebook sekaligus mengisi ulang baterainya. Setiap notebook memiliki voltage dan ampere yang berbeda, tergantung dari besar daya yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah notebook. Pemakaian adaptor yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan manual penggunaan, dapat menyebabkan kerusakan pada notebook, karena daya yang kurang akan merusak kompponen-komponen penahan atau penyerap panas.


19. Baterai


Baterai dibutuhkan notebook agar dapat menjalankan semua komponen dan system operasi pada saat notebook dalam kondisitidak tersalur arus listrik melalui adaptor. Baterai notebook berbeda-beda, disesuaikan dengan voltage dan ampere pada notebook. Baterai akan mudah melemah apabila di-charge secara terus-menerus.

Dalam kondisi isi baterai mencapai 100% dipasang sebaiknya segera melepas charger.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar